Xp Dalam Game Adalah
Mod dan Custom Content
Mod (modifikasi) adalah cara yang sah dan kreatif untuk meningkatkan pengalaman bermain game:
Keuntungan menggunakan mod adalah mereka sering didukung oleh pengembang game dan komunitas, menawarkan cara yang sah untuk memperpanjang umur dan variasi game.
Exploration dan Discovery
Banyak game menawarkan pengalaman eksplorasi yang mendalam:
Fokus pada eksplorasi dan penemuan dapat memberikan kepuasan yang lebih mendalam daripada menggunakan cheat untuk kemajuan cepat.
Skill-Based Progression Systems
Sistem progresi berbasis keterampilan menawarkan cara yang memuaskan untuk berkembang dalam game:
Sistem-sistem ini memberikan rasa kemajuan dan pencapaian yang lebih autentik dibandingkan dengan menggunakan cheat.
Dalam beberapa tahun terakhir, game online telah menjadi bagian integral dalam kehidupan remaja. Sebagai hiburan yang sangat digemari, permainan ini menawarkan pengalaman yang menarik dan penuh tantangan.
Namun, munculnya kekhawatiran mengenai dampak game online terhadap kesehatan mental remaja telah menimbulkan perdebatan. Beberapa pihak menganggap game online dapat menimbulkan kecanduan, isolasi sosial, dan masalah psikologis lainnya. Di sisi lain, ada yang berpendapat bahwa game online justru dapat memberikan manfaat kognitif dan sosial.
Fakta Dampak Negatif Game Online
Salah satu kekhawatiran utama adalah kecanduan game yang dapat menyebabkan gangguan tidur, kurangnya aktivitas fisik, dan menurunnya produktivitas di sekolah atau kehidupan sosial.
Penelitian menunjukkan bahwa remaja yang kecanduan game online dapat mengalami kecemasan, depresi, dan masalah perilaku. Beberapa remaja mungkin merasa lebih nyaman berada di dunia virtual daripada berinteraksi di dunia nyata, yang pada akhirnya memperburuk isolasi sosial mereka.
Manfaat Positif dari Game Online
Namun, tidak semua dampak negatif. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa game online dapat meningkatkan keterampilan kognitif, seperti pemecahan masalah dan pengambilan keputusan. Game yang memerlukan strategi dapat melatih otak untuk berpikir kritis dan cepat. Selain itu, game juga dapat menjadi platform sosial yang memungkinkan remaja berinteraksi dan membangun persahabatan dengan orang dari berbagai latar belakang, yang bisa memberikan rasa koneksi sosial.
Keseimbangan yang Diperlukan
Sebenarnya, dampak game online terhadap kesehatan mental remaja bergantung pada seberapa sering mereka bermain, jenis game yang dimainkan, dan bagaimana mereka mengelola waktu mereka. Kuncinya adalah moderasi. Bermain game dalam batas wajar dapat memberikan hiburan dan manfaat sosial yang positif, tetapi jika berlebihan, dampaknya bisa merugikan.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Rasa menghormati (respect)
Agar kerja sama dan kolaborasi dalam pengembangan berjalan efektif, setiap individu yang terlibat perlu memiliki rasa hormat atau respect terhadap satu sama lain. Individu dalam tim menaruh respect terhadap rekan kerjanya, apapun peran dan jabatannya. Tim menghormati klien, begitu pula sebaliknya. Rasa saling menghormati akan menciptakan lingkungan yang kondusif dan nyaman bagi pengembangan.
Rasa menghormati juga berarti peduli terhadap cara kerja yang digunakan bersama, baik yang berasal dari kesepakatan tim maupun kebijakan perusahaan. Hal ini juga berdampak pada kepedulian terhadap kesuksesan proyek sebagai kesuksesan bersama.
Demikian artikel mengenai extreme programming dari Badr Interactive, jika Anda ingin berdiskusi lebih lanjut mengenai teknik programming yang biasanya digunakan dalam industri, Anda bisa menghubungi kami disini.
Meskipun penggunaan cheat umumnya dianggap negatif, ada beberapa alternatif yang dapat memberikan pengalaman bermain yang lebih menyenangkan dan memuaskan tanpa melanggar aturan atau etika gaming. Berikut adalah beberapa alternatif cheat yang lebih positif:
Training dan Practice Modes
Banyak game, terutama yang kompetitif, menyediakan mode latihan khusus:
Mode-mode ini membantu pemain meningkatkan keterampilan mereka secara alami, memberikan alternatif yang lebih memuaskan daripada menggunakan cheat.
Memanfaatkan sumber daya komunitas dapat sangat membantu dalam meningkatkan pengalaman bermain:
Sumber daya ini menawarkan cara untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan dalam game tanpa menggunakan cheat.
Continuous Integration
Kode yang sudah dibuat oleh banyak developer dalam tim diintegrasikan kemudian dilakukan test atau pengujian secara otomatis. Praktik ini akan memudahkan tim untuk menemukan feedback lebih cepat, karena prosesnya dilakukan otomatis. Jika ada masalah saat integrasi, tim akan mendapatkan notifikasi. Continuous Integration juga membuat proses rilis software lebih cepat. Kode-kode yang berhasil digabungkan dan berhasil melalui test integrasi berarti siap dirilis ke lingkungan staging atau produksi.
Nilai atau value akan menjadi landasan bagi praktik. Tanpa nilai, praktik akan kehilangan makna dan tanpa arah. Lima nilai dalam XP yang memandu pengembangan adalah komunikasi, kesederhanaan, feedback, keberanian, dan rasa menghormati.
Difficulty Settings dan Accessibility Options
Banyak game modern menawarkan pengaturan kesulitan dan opsi aksesibilitas yang dapat disesuaikan:
Opsi-opsi ini memungkinkan pemain untuk menyesuaikan pengalaman bermain mereka tanpa melanggar aturan game.
Komunikasi (communication)
Ini merupakan nilai yang penting dalam pengembangan. Software dibangun oleh tim yang terdiri dari banyak individu. Masing-masing individu memiliki pengalaman, kemampuan, dan latar belakang yang berbeda-beda. Komunikasi yang baik akan membangun kerja sama yang solid di antara mereka. Komunikasi juga akan mempererat hubungan antara tim dengan klien dan pengguna. Banyak masalah dalam pengembangan yang mampu diselesaikan melalui komunikasi yang terjalin baik.
Informative Workspace
Ruang kerja tim sebaiknya memaparkan pekerjaan dan statusnya. Tim dapat melihat perkembangan pekerjaan sehari-hari dengan mudah. Informasi status pekerjaan dapat dilihat dengan mudah oleh siapapun, termasuk orang di luar tim. Papan tersebut menggambarkan kemajuan pengambangan. Informasi yang ditampilkan papan tersebut up-to-date karena selalu diperbarui oleh tim.
Umumnya praktik informative workspace ini diterapkan menggunakan papan (board) atau dinding (wall). Tim akan menaruh apa yang mereka kerjakan dalam suatu papan, baik papan fisik maupun virtual. Papan tersebut memuat pekerjaan yang siap dikerjakan, sedang dikerjakan, dan selesai. Setiap pekerjaan memiliki penanggung jawab dan anggota yang terlibat. Jika ada hambatan dalam pengembangan, informasi hambatan tersebut dan status penyelesaiannya juga terlihat.
Pernah mencoba memrogram ditemani seorang rekan developer? Practice bernama pair programming ini diyakini akan membuat aktivitas programming lebih produktif. Satu orang membuat kode, satu lainnya memperhatikan dan meninjau kode yang dibuat dan memberikan feedback. Review kode dilakukan secara “extreme” karena berlangsung secara realtime saat penulisan kode. Saat pair programming terjadi, diskusi dan komunikasi terjadi secara intens. Feedback didapatkan secara instan, sistem dibuat lebih sederhana berdasarkan feedback dan diskusi.
Kita juga dapat melihatnya dari perspektif knowledge. Saat pair programming, terjadi pertukaran ide sekaligus pengetahuan. Seseorang yang lebih berpengalaman atau yang mengetahui best practice dalam pemrograman akan berbagi apa yang diketahuinya kepada rekan pair programming-nya. Akhirnya kapasitas satu sama lain akan meningkat.
Dalam XP, User Story adalah practice untuk menulis requirements dalam format yang sederhana. User Story adalah deskripsi singkat tentang requirements dari perspektif pengguna. User Story membantu tim untuk memiliki requirements yang rapi, terstruktur, dan detail namun dengan usaha yang minimal. Karena ditulis dari perspektif bisnis bukan teknis, User Story seharusnya dipahami dengan mudah oleh klien.
Format yang digunakan dalam User Story adalah sebagai berikut:
Sebagai
Contoh User Story adalah sebagai berikut:
Sebagai pemilik bisnis, saya ingin memantau transaksi yang dicatat oleh staf sales saya sehingga saya dapat mengetahui penjualan harian atau bulanan
Kesederhanaan dalam menulis requirement menggunakan User Story membantu tim untuk lebih fokus dalam membangun percakapan (conversation) dan memahami kebutuhan klien maupun pengguna. Fokus tim digeser dari menulis requirements ke diskusi requirements. Akhirnya kebutuhan pengguna dapat dieksplorasi lebih dalam sehingga solusi yang dibangun benar-benar menjawab kebutuhan.
Dalam Weekly Cycle, tim merencanakan pekerjaan dalam siklus yang singkat, yaitu seminggu sekali. Di awal minggu, tim bertemu untuk merencanakan Story apa yang akan mereka selesaikan dalam satu minggu kedepan. Di sesi perencanaan tersebut, mereka juga meninjau Story apa saja yang mereka selesaikan di minggu sebelumnya. Di akhir minggu, fitur atau fungsi (meskipun cakupannya kecil) dari software yang dikembangkan siap dirilis.
Tim merencanakan pengembangan software dalam siklus kuartal atau tiga bulan sekali. Rencana kuartal ini memberikan gambaran dan goal yang lebih besar dalam pengembangan. Rencana kuartal ini umumnya dikenal dengan roadmap. Dalam rencana kuartal, umumnya ada tema kuartal yang digunakan.
Dalam proyek, siklus kuartal digunakan untuk me-review kemajuan proyek, termasuk apa yang sudah diselesaikan, apa yang belum, dan hambatan apa yang dihadapi. Dari hasil review, adaptasi dilakukan dengan menyusun rencana perbaikan dan memperbarui rencana pengembangan.
Customizable Gameplay Elements
Banyak game modern menawarkan elemen gameplay yang dapat disesuaikan:
Customisasi ini memungkinkan pemain untuk menciptakan pengalaman yang unik dan sesuai dengan gaya bermain mereka tanpa melanggar aturan game.